Kamis, 22 Maret 2012

Psikologi Pendidikan - Tokoh : David Weschler


David Weschler

Tugas bersama :
Ajeng Diah Andhini 11024ada.blogspot.com
Ayu Puspita 11078ap.blogspot.com



        Wechsler adalah seorang psikolog klinis kelahiran Lespedi, Romania pada tanggal 12 Januari 1896. Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan sekolah menengah di New York City, dan mendapatkan gelar A.B. dari College of the City pada tahun 1916, serta gelar M.A. dari Columbia University pada tahun 1917. Pada awal kariernya, Wechsler dipercayakan sebagai trainer psikologis di Amerika Serikat dalam perang dunia I. tugasnya adalah menghitung dan mengevaluasi prestasi prestasi dari ribuan calon tentara, berdasarkan Army Alpha Test. Kemudian Wechsler mendapatkan pelatihan dasar di sekolah psikologi militer di kamp Greenkar, Georgeia, dan iapun ditugaskan di unit psikologi di Fort Logan, Texas sebagai tim penilai (evaluasi) prestasi para calon tentara..
Pada tahun 1932, Wechsler diangkat menjadi kepala bagian psikologi di Belevue Psychiatric Hospital. Pada tahun yang sama, Wechsler mulai mengembangkan satu bentuk tes inteligensi baru, sebagai revisi atas beberapa tes inteligensi sebelumnya, seperti tes Binet dan Simon yang sebelumnya mendominasi dunia tes inteligensi pada zamannya.
 
          Menurut David Wechsler, inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Inteligensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. 

weschler terkenal dengan skalanya yaitu skala weschler, terdiri dari 3 yaitu :
·         WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) di tahun 1949. Banyak soal diambil langsung dari tes orang dewasa. WISC third edition Untuk usia 6-16 tahun 11 bulan.
·         WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale) di tahun 1955. Untuk usia 16-74 tahun.
·        Wechsler Preeschool and Primary Scale of Intelligence-Revised)tahun 1989. Tes ini untuk rentang usia 3-7 tahun 3 bulan.

1. Skala WAIS terdiri dari skala verbal dan skala performansi. Skala Verbal terdiri dari informasi, rentang angka, kosa kata, hitungan, pemahaman, dan kesamaan. Sedangkan  Skala performansi terdiri dari kelengkapan gambar, susunan gambar, rancangan balok, perakitan objek, dan simbol angka.
2. Skala  WPPSI-R terdiri dari :
Advance Progressive Matrices yaitu tes APM terdiri dari 2 set dan bentuknya non-verbal. Set 1 disajikan dalam buku tes yang berisikan 12 butir soal. Set II berisikan 36 butir soal tes. Tujuannya untuk mengatur tingkat intelegensi, di samping untuk tujuan analisis klinis. 
Colours Progressive Matrices yaitu materi tes terdiri dari 36 item/gambar. Item ini dikelompokkan menjadi 3 kelompok atau 3 set yaitu set A, set Ab dan set B. item disusun bertingkat dari item yang mudah ke item yang sukar. Tiap item terdiri dari sebuah gambar besar yang berlubang dan dibawahnya terdapat 6 gambar penutup. Tugas testi adalah memilih salah satu diantara gambar ini yang tepat untuk menutupi kekosongan pada gambar besar. Tujuannya untuk mengungkap taraf kecerdasan bagi anak-anak yang berusia 5 samapai 1 tahun.
 Culture Fair Intelligence Test (CFIT), Scale 2 and 3 From A and From Byaitu buku soal dan lembar jawaban yang terpisah. Tujuannya untuk keperluan yang berkaitan dengan faktor kemampuan mental umum atau kecerdasan. Skala 2 untuk anak-anak usia 8-14 tahun dan untuk orang dewasa yang memiliki kecerdasan di bawah normal. Skala 3 untuk usia sekolah lanjutan atas dan orang dewasa dengan kecerdasan tinggi.
The Standard Progressive Matrices (SPM) yaitu materi soal-soalnya diberikan tidak dalam bentuk tulisan ataupun bacaan melainkan dalam bentuk gambar-gambar.

Minggu, 11 Maret 2012

Disenchanted

Here, lyric from one of my favorite song ever. No specific reason why i love this song but i love this song especially it's intro! Never bored to hear this song from intro to intro again :')

DISENCHANTED - MY CHEMICAL ROMANCE
Songwriters: Iero, Frank; Toro, Raymond; Way, Gerard Arthur; Bryar, Bob; Way, Michael;

Well I was there on the day
They sold the cars for the queen
And when the lights all went out
We watched our lives on the screen
I hate the ending myself
But it started with an all right scene

It was the roar of the crowd
That gave me heartache to sing
It was a lie when they smiled
And said, "You won't feel a thing"
And as we ran from the cops
We laughed so hard it would sting
Yeah yeah, oh

If I'm so wrong
(So wrong, so wrong)
How can you listen all night long?
(Night long, night long)
How will it matter after I'm gone?
Because you never learned a goddamned thing

You're just a sad song with nothing to say
About a lifelong wait for a hospital stay
And if you think that I'm wrong
This never meant nothing to you

I spent my high school career
Spit on and shoved to agree
So I could watch all my heroes
Sell a car on TV
[- From :http://www.elyrics.net/read/m/my-chemical-romance-lyrics/disenchanted-lyrics.html -]
We've got the obvious team
We'll show 'em what we all mean
Yeah yeah, oh

If I'm so wrong
(So wrong, so wrong)
How can you listen all night long?
(Night long, night long)
Now will it matter long after I'm gone?
Because you never learned a goddamned thing

You're just a sad song with nothing to say
About a lifelong wait for a hospital stay
And if you think that I'm wrong
This never meant nothing to you

So go, go away, just go, run away
But where did you run to?
And where did you hide?
Go find another way, but you pay

Woah, woah, woah
Woah, woah, woah

You're just a sad song with nothing to say
About a lifelong wait for a hospital stay
And if you think that I'm wrong
This never meant nothing to you, come on

You're just a sad song with nothing to say
About a lifelong wait for a hospital stay
And if you think that I'm wrong
This never meant nothing to you

At all, at all, at all, at all..

Iseng-iseng~


Halo ^^/
Jadi, postingan hari ini dimulai dengan melanjutkan keisengan aku tadi malem. Karena bosen, trus gatau mau ngapain, aku ngotak-ngatik laptop dan jaaaang! Ketemu deh foto-foto zaman dahulu. Memang ya, kalo ngeliat foto zaman dulu perasaan jadi campur aduk. Lucu aja ngeliat perubahan-perubahan yang terjadi dalam diriku sekaligus bersyukur karena masih bisa tumbuh dan berkembang seperti sekarang :D
Foto-foto itu aku kumpulkan, kemudian aku susun ngikuti alur gitu. Jadi semacam perjalanan aku dari dulu sampe sekarang ini. Memang sih, ga bisa komplit dan seadanya. Tapi aku cukup puas dengan hasil dari keisenganku ini. Sebuah keisengan mendatangkan keisengan lain. walaupun pada intinya adalah iseng tapi ini bermakna ganda buat aku. Jiah, ambigu ya.hahahaha
Karena postingan hari ini berjudul iseng, maka aku iseng juga ngeposting foto hasil iseng aku di blog ini. Nyoba-nyoba ngupload foto hasil isengan kemaren hehehe
Contohnya itu, foto yang ada di atas, dan foto perubahan(?) wajahku selama kelas X, XI, dan XII SMA ini ^^v

Sebuah keisengan akan menjadi bermakna jika kita menikmati setiap proses iseng itu(?) hehehehe intinya sih, kreativitas kan bisa datang kapan saja dimana saja dan dari stimulus apa saja hehehe.

Hmm, aku rasa, isengnya sampe sini aja dulu. Karena kalo dilanjutin, bakal jadi ngalor ngidul postingan ini. Yah namanya juga iseng :P Words of the day ya iseng untuk hari ini. Maklum, iseng dihari minggu sebelum ngadepin 3 x 3 SKS di hari SENIN. T.T
Kuliah memang kadang kejam, kawan.. Tapi kalo ga kuliah ga bisa jadi Psikolog nantinya. Jadi yah, nikmati saja setiap proses perkuliahan tiap semerternya, termasuk tugas-tugasnya, berat ngebawa bukunya dan semua-semuanya. Aduh makin ngawur nih. -_-

Well, well. I'll stop over here. Ada banyak bahan kuliah yang harus dibaca. --"
Catch y' letter!
Greentease ♥
Liandra Khairunnisa - 11.100 ^^

Sabtu, 10 Maret 2012

Late begin~


Well, well well, HALO!
Kata orang, tak kenal maka tak sayang. Nah, untuk itu mari kita kenalan trus sayang-sayangan! hehehe :3

Ok, langsung ke intinya. Di tahun 1993 tepatnya tanggal 19 NOVEMBER, lahirlah seorang anak bernama LIANDRA KHAIRUNNISA yang seiring dengan proses perjalanan hidupnya, sedari sekolah menengah pertama (SMP) memutuskan untuk mendedikasikan dirinya ke dunia Psikologi dan bercita-cita menjadi seorang Psikolog yang sukses dan profesional di masa depan~(AMIIIIIIN!)
Seiring dengan berjalannya waktu, setelah mengikuti ujian berulang dan berhasil menjadi seorang mahasiswa di Fakultas Psikologi sejak tahun 2011, Hari ini, Selasa, tepatnya tanggal 10 Maret 2012 pukul 22:28 (jam laptop :p) tergerak deh hati ini buat ngurus blog lagi hehehe.
Curhat dikit, sebenernya masih sangat baru nih di dunia blogger -_-
Biasanya sih baca blog orang ya buat nyari informasi atau cuma iseng searching lirik lagu doang~
Tapi atas himbauan dan tugas dari Bu Dina selaku dosen mata kuliah Psikologi pendidikan di F.Psi USU mulai deh harus aktif di dunia blogger. Untungnyaaaaaa, blog yang akan di kelola nantinya (blog ini! gitu aja susah amat bahasanya ya -_-) selain berisikan pelajaran Psikologi Pendidikan beserta tugasnya juga boleeeeh diisi dengan kreatifitas dan hobby mahasiswa. Itulah salah satu asyiknya belajar Psikologi, kita bisa belajar dari mana aja :D. Hmm, sepertinya permulaan blog ini harus diakhiri disini, tapi bukan berarti akhir dari blog ini dong.. Semoga sajaaa kelak blog ini akan mengalami perjalanan yang baik dalam segala aspek dan semoga, bermanfaat dalam banyak hal.

21:47 PM
Greentease!^^
Liandra Khairunnisa (11-100)

Jumat, 09 Maret 2012

Peranan Media Elektronik Dalam Proses Pembelajaran Psikologi Pendidikan.



Psikologi pendidikan jelas berperan penting dalam aspek belajar mengajar baik dari pendidikan formal maupun non formal. Di dalam belajar mengajar sudah pasti memiliki suatu hubungan baik itu dari murid dengan guru maupun mahasiswa dengan dosen. Di jaman yang makin maju ini jelas terlihat media belajar yang saat ini tentu sudah sangat berkembang. Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut akhirnya membuat proses belajar menjadi lebih bisa di lakukan di mana saja.

Sehubungan dengan kata pengantar di atas dan tugas dari dosen  yaitu  bagaimana peranan media elektronik dalam proses pembelajaran psikologi pendidikan. Maka kami akan memaparkan hasil kerja kelompok kami 

Menurut pandangan kami, kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah psikologi pendidikan 3 sks ta 2011/2012 harus memiliki email dan blog, memiliki aspek positive dan negative
.
-Aspek positif :
1. Saat dosen berhalangan hadir di kelas, pembelajaran masih bisa berlangsung melalui media-media elektronik yang sudah tersedia, kali ini contohnya adalah email dan blog.
2. Dengan adanya blog dan email membantu mengurangi penggunaan kertas sehingga menyelamatkan dunia dari global warming.
3. melalui blog, para mahasiswa menjadi bertambah wawasannya dan menambah inspirasi untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik dalam bidang ilmu dan tekhnologi.
4. tujuan penggunaan email dan blog tentu saja agar mahasiswa termotivasi untuk belajar lebih baik lagi dalam hal pemahaman dan proses pembelajaran juga, agar mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak ketinggalan dengan tekhnologi informasi dan media komunikasi di zaman yang serba canggih dan terus berkembang.
5. membuka wawasan dan cakrawala berfikir mahasiswa menjadi lebih kreatif salah satunya melalui inspirasi-inspirasi yang diperoleh melalui internet. Sehingga mahasiswa dapat belajar dengan inisiatif, motivasi, dan penalaran yang lebih baik.
6. mahasiswa dapat belajar tidak hanya dengan mengandalkan apa yang ada di buku tapi juga dapat mencari bahan referensi lain melalui situs-situs edukasi.
7. Sesuai dengan yang kita ketahui, prinsip belajar mahasiswa adalah student center. Mahasiwa tidak di’suapi’ lagi dalam proses belajarnya. Sehingga, penggunaan email dan blog dapat dikaitkan dengan kematangan inisiatif mahasiswa dalam mencari pelajaran dan dalam proses pembelajaran
8. Belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan
9. Pertinggal atau bukti hasil pembelajaran, baik berupa makalah atau tugas dapat di simpan dengan baik dan mencegah terjadinya human error, berupa penguatan bukti tugas perkuliahan, makalah, dan lain sebagainya.
10. Menambah informasi dan kreatifitas mahasiswa. Karena, melalui blog mahasiswa juga dapat menggembangkan bakatnya dalam hal-hal yang lebih positive juga dapat membantu dosen untuk lebih mengenal mahasiswanya.

Kelemahannya :
1.       Tidak semua mahasiswa bisa tepat waktu dan bertahan lama saat dalam kuliah online karena bisa terjadi banyak hal ketika tempat perkuliahan online, salah satunya, berada di rumah pastilah lebih sulit untuk focus dan berkonsentrasi.

2.      jika pun kuliah online terjalankan , sangat dapat di pastikan jika tab yang di buka mahasiswa bukan hanya kuliah nya saja bisa jdi blog, game, ataupun yang lainnya

3.      kuliah online juga bisa menimbulkan kemalasan karena disiplin waktu jika kuliah online sangatlah minim.

4.       Dalam pelaksanaan kuliah online sering terjadi kecurangan, seperti menjadikan titip absen, dengan cara mengakses account teman.


5.      dalam kuliah online sudah pasti tidak terjadi tatap muka secara langsung, sehingga bisa jadi berkurangnnya ilmu komunikasi yang seharusnya dimiliki setiap mahasiswa psikologi. Dimana harusnya seorang psikolog cerdas dalam berkomunikasi

6.       Mahasiswa menjadi malas dan anggap sepele dalam pelaksanaan kuliah online. Keseriusan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan sangat sedikit.

7.       Plagiatisme meraja lela dengan alih mencari inspirasi dari tugas-tugas senior terdahulu.

8.       Kemungkinan terjadinya human error yang dapat menyebabkan kerugian di pihak mahasiswa dan dosen

9.       Tidak semua mahasiswa dapat mengakses internet untuk berkirim dan menerima email juga untuk membuka blog setiap waktu.
10.   Informasi yang di terima mahasiswa dari referensi internet belum tentu benar. Akan lebih membahayakan lagi jika mahasiswa yang terlibat tidak mengetahui kesalahan tersebut. Tentu saja hal ini akan menjadikan proses pembelajaran dan informasi yang diterima salah. Berbeda dengan informasi dari buku yang sudah tinggi persentase kebenaran kalimat-kalimat hingga bab per babnya.

11.   Tekhnologi membuat mahasiswa menjadi berfikir lebih praktis dan menjadi malas membaca buku, malas menulis dan sebagainya. Intinya, menjadikan mahasiswa berfikir praktis dalam prosedur yang salah.

Sekian dari kelompok kami, kurang dan lebihnya mohon di maafkan

Blog anggota kelompok kami