Kamis, 22 Maret 2012

Psikologi Pendidikan - Tokoh : David Weschler


David Weschler

Tugas bersama :
Ajeng Diah Andhini 11024ada.blogspot.com
Ayu Puspita 11078ap.blogspot.com



        Wechsler adalah seorang psikolog klinis kelahiran Lespedi, Romania pada tanggal 12 Januari 1896. Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan sekolah menengah di New York City, dan mendapatkan gelar A.B. dari College of the City pada tahun 1916, serta gelar M.A. dari Columbia University pada tahun 1917. Pada awal kariernya, Wechsler dipercayakan sebagai trainer psikologis di Amerika Serikat dalam perang dunia I. tugasnya adalah menghitung dan mengevaluasi prestasi prestasi dari ribuan calon tentara, berdasarkan Army Alpha Test. Kemudian Wechsler mendapatkan pelatihan dasar di sekolah psikologi militer di kamp Greenkar, Georgeia, dan iapun ditugaskan di unit psikologi di Fort Logan, Texas sebagai tim penilai (evaluasi) prestasi para calon tentara..
Pada tahun 1932, Wechsler diangkat menjadi kepala bagian psikologi di Belevue Psychiatric Hospital. Pada tahun yang sama, Wechsler mulai mengembangkan satu bentuk tes inteligensi baru, sebagai revisi atas beberapa tes inteligensi sebelumnya, seperti tes Binet dan Simon yang sebelumnya mendominasi dunia tes inteligensi pada zamannya.
 
          Menurut David Wechsler, inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Inteligensi tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. 

weschler terkenal dengan skalanya yaitu skala weschler, terdiri dari 3 yaitu :
·         WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) di tahun 1949. Banyak soal diambil langsung dari tes orang dewasa. WISC third edition Untuk usia 6-16 tahun 11 bulan.
·         WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale) di tahun 1955. Untuk usia 16-74 tahun.
·        Wechsler Preeschool and Primary Scale of Intelligence-Revised)tahun 1989. Tes ini untuk rentang usia 3-7 tahun 3 bulan.

1. Skala WAIS terdiri dari skala verbal dan skala performansi. Skala Verbal terdiri dari informasi, rentang angka, kosa kata, hitungan, pemahaman, dan kesamaan. Sedangkan  Skala performansi terdiri dari kelengkapan gambar, susunan gambar, rancangan balok, perakitan objek, dan simbol angka.
2. Skala  WPPSI-R terdiri dari :
Advance Progressive Matrices yaitu tes APM terdiri dari 2 set dan bentuknya non-verbal. Set 1 disajikan dalam buku tes yang berisikan 12 butir soal. Set II berisikan 36 butir soal tes. Tujuannya untuk mengatur tingkat intelegensi, di samping untuk tujuan analisis klinis. 
Colours Progressive Matrices yaitu materi tes terdiri dari 36 item/gambar. Item ini dikelompokkan menjadi 3 kelompok atau 3 set yaitu set A, set Ab dan set B. item disusun bertingkat dari item yang mudah ke item yang sukar. Tiap item terdiri dari sebuah gambar besar yang berlubang dan dibawahnya terdapat 6 gambar penutup. Tugas testi adalah memilih salah satu diantara gambar ini yang tepat untuk menutupi kekosongan pada gambar besar. Tujuannya untuk mengungkap taraf kecerdasan bagi anak-anak yang berusia 5 samapai 1 tahun.
 Culture Fair Intelligence Test (CFIT), Scale 2 and 3 From A and From Byaitu buku soal dan lembar jawaban yang terpisah. Tujuannya untuk keperluan yang berkaitan dengan faktor kemampuan mental umum atau kecerdasan. Skala 2 untuk anak-anak usia 8-14 tahun dan untuk orang dewasa yang memiliki kecerdasan di bawah normal. Skala 3 untuk usia sekolah lanjutan atas dan orang dewasa dengan kecerdasan tinggi.
The Standard Progressive Matrices (SPM) yaitu materi soal-soalnya diberikan tidak dalam bentuk tulisan ataupun bacaan melainkan dalam bentuk gambar-gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar