Dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah
Psikologi Pendidikan, Fakultas Psikologi USU, Saya diberikan tugas untuk mengadakan
penelitian dengan cara survey secara online dan tema yang saya pilih adalah
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Responden yang dibutuhkan sebanyak 50 orang untuk
mengisi kuisioner yang telah saya siapkan dengan 10 pertanyaan. Responden
diambil dari mahasiswa/i Fakultas Psikologi USU angkatan 2011 yang mengikuti
mata kuliah Psikologi pendidikan.
Berikut adalah penjabaran mengenai survey
saya :
Respondens :
|
This is it, THE QUESTIONS! (˘▿˘ÊƒÆª)
1. Psikologi merupakan pilihan utama saya
Strongly Agree
|
21
|
|
|||
Agree
|
20
|
|
|||
Neutral
|
4
|
|
|||
Disagree
|
16
|
|
|||
Strongly Disagree
|
0
|
|
2. Saya
mengetahui apa itu motivasi dan pentingnya bagi prestasi saya
Strongly Agree
|
16
|
|
|||
Agree
|
41
|
|
|||
Neutral
|
4
|
|
|||
Disagree
|
0
|
|
|||
Strongly Disagree
|
0
|
|
3. Sejak masuk psikologi, motivasi belajar saya semakin meningkat untuk lebih berprestasi
|
4. Saya merasa motivasi yang paling baik adalah motivasi intrinsik
|
5. Saya merasa motivasi yang paling baik adalah motivasi ekstrinsik
|
6. Saya
termotivasi melihat teman-teman saya yang mampu berprestasi dengan baik
|
7. Orang
tua dan teman-teman juga berperan dalam prestasi belajar saya
|
8. Saya lebih suka belajar melalui slide daripada membaca buku
|
9. Saya membaca bahan perkuliahan sebelum masuk kelas walaupun dosen tidak memberikan kuis
|
10. Saya lebih suka tugas berkelompok daripada tugas individu
|
SURVEY'S
RESULT & RESUME
Dari
hasil penelitan yang saya lakukan mengenai Motivasi belajar mahasiswa dapat
dilihat bahwa pada dasarnya motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa/i Fakultas
Psikologi angkatan 2011 dalam belajar sudah baik. Responden umumnya mengetahui
pentingnya motivasi dan apa saja jenis motivasi serta cara mendapatkan motivasi
dari luar dan dalam diri sendiri.Umumnya motivasi ekstrinsik yang lebih kuat
yaitu dorongan semangat dari orang tua dan teman-teman dekat. Keinginan
berprestasi dengan baik dengan inspirasi dari seorang teman juga terlihat
dengan jelas dapat mempengaruhi semangat belajar mahasiswa/i fakultas psikologi
angkatan 2011, dengan kata lain, daya saing untuk berprestasi dan belajar untuk
lebih baik lagi juga terasa kuat dalam proses belajar responden.
Sayangnya, lebih banyak mahasiswa responden yang tidak menyempatkan diri
membaca buku terlebih dahulu sebelum masuk perkuliahan keesokan harinya kecuali
dosen memberikan kuis dan mahasiswa responden juga lebih menyukai belajar
melalui slide yang dianggap tidak membosankan dan mengandung informasi yang
padat bermanfaat.
LIANDRA's
Testimoni :
Pertama sekali, saya akan mengucapkan ALHAMDULILLAHIRABBIL'ALAMIN karena saya
berhasil mengerjakan tugas ini dan mempostingnya secara tepat waktu *sebelum
tanggal 6 juni 2012 :'). Pada saat mendapatkan tugas ini, pertama sekali saya
kebingungan, dan merasa ini adalah tugas yang ribet. Tetapi, selama proses
pengerjaannya saya dibantu dengan informasi dari Ibu Dina dan teman-teman saya
yang saya anggap sangat berguna. Saya mendapatkan responden yang mencukupi,
bahkan lebih, mencapai 66 responden. TERIMA KASIH PSI'2011! :* Saya juga banyak
manfaat dalam pengerjaan tugas ini, diantaranya, pengalaman yang baru dan sama
sekali berbeda (saya bahkan baru mengetahui situs untuk survey online ini),
tugas ini sangat berguna dan menambah wawasan saya. Dengan tugas ini saya juga
jadi lebih mengenal karakter teman-teman saya. Oh ya, jika ingin mencoba survey
online yang free dan mudah bisa menggunakan situs ini : http://kwiksurveys.com/index.php
Dan
berikut adalah link survey online saya ^^ :
http://kwiksurveys.com/?s=MMLOGO_51388c52
Akhirnya,
sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Dina atas kesempatan ini dan
yah..tugas ini menyenangkan bu! ^^
Wassalam
:)
Liandra Khairunnisa - 111301100
Liandra Khairunnisa - 111301100
Greentease♥ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar